Info Agar Kendaraan Selalu Tetap Prima

Info Agar Kendaraan Selalu Tetap Prima

Paling Banyak Di Cari



Agar kendaraan anda tetap sehat dan selalu dalam kondisi prima memang dibutuhkan perawatan mobil yang maksimal secara menyeluruh. Namun tentunya tidak semua orang memiliki waktu atau kebiasaan merawat mobil secara mendetail. Bagi anda yang tidak memiliki waktu ada beberapa hal penting pada bagian mobil yang harus anda rawat dan tidak boleh diabaikan.
Bukan hanya mobil bekas yang sudah lanjut usia saja yang membutuhkan perawatan, mobil barupun juga membutuhkan perawatan secara  berkala dengan baik dan benar.
Berikut ini kami akan membagi tips cara perawatan pada kendaraan anda agar mesin mobil anda tetap dalam keadaan prima  perkasa dan komponen mobil terjaga, mesin awet dan tahan lama.
1.      Ganti oli berkala
Kinerja sebuah mesin sangat bergantung dengan perawatan yang satu ini. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima oli mobil selayaknya wajib diganti secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe mobil, pada umumnya penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km.
Selain itu pemilihan oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan standar mesin mobil dapat menghindari terjadinya panas berlebih pada mesin mobil. Oli sangat berperan penting terhadap ketahanan sebuah mesin mobil, dimana oli memiliki peran menahan gesekan yang terjadi pada sebuah mesin.
2.      Cek cairan radiator atau coolant
Peranan radiator sangat penting untuk menetralisir panas mesin mobil. Jika air radiator kosong bukan hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, namun juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan. Kekosongan air pada radiator akan menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin. Melihat betapa pentingnya radiator terhadap kondisi mesin, maka selayaknya memeriksa air pada radiator mobil anda secara berkala.

3.      Bersihkan filter karburasi
Salah satu faktor penyebab mesin mobil terkadang susah dihidupkan antara lain adalah saringan karburasi filter mobil yang kotor. Membersihkan saringan filter karburasi ini tidaklah sulit cukup gunakan sikat gigi untuk melepas kerak dan kotoran yang menempel pada sarigan. Hindari penggunaan hairdryer atau compressor ketika membersihkan filter karburasi hal ini akan beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburasi.

4.      Rutin periksa Ban
Ketika anda sedang ingin bepergian atau menggunakan mobil selalu periksa ban anda. Baik itu tekanan maupun ketebalan ban pada mobil. Untuk menghindari kerusakan atau bahkan kecelakaan yang diakibatkan karena kurangnya tekanan atau ban bocor di Jalan raya.

5.      Periksa minyak pelumas
Beberapa cairan dan minyak pelumas pada mobil yang perlu rutin diperiksa secara berkala diantaranya adalah, rem, Power steering, cairan transmisi dan mesin cuci pelarut. Berfungsi untuk melancarkan komponen mobil dalam bekerja.

6.      Kabel  dan Baterai
Bersihkan secara teratur dan berkala juga posting baterai bila diperlukan, serta waspadai koneksi untuk korosi. Selalu periksa cairan baterai kecuali untuk baterai yang bebas pemeliharaannya.

7.      Lampu Mobil
Perawatan lampu mobil adalah dengan memastika lampu depan belakang masih bekerja dengan baik dan juga perlu diperhatikan demi kenyamanan anda dalam berkendaraan, segera periksa dan segera ganti lampu mobil anda jika sudah tidak berfungsi lagi.

8.      Wiper
Komponen ini sangat begitu penting dan juga perlu pemeriksaan dan dijaga untuk menjaga agar kaca mobil tetap dalam keadaan bersih dan bening sehingga tidak menghalangi padangan pada saat berkendaraan.

Perawatan mobil memang sudah sepantasnya mendapatkan perhatian khusus, untuk  menjaga umur mesin agar tetap selalu awet, karena seperti sebuah ungkapan, Lebih Baik Mencegah Daripada Mengganti Yang Baru. Dan jangan lupa lakukan service secara berkala pada bengkel resmi. Itulah tips singkat dan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua, jika anda punya tips-tips yang lain mari berbagi informasi diblog ini, Mari Berbagi Informasi Dari Kita Untuk Kita.
Loading

Share this

Blog ini menyediakan Informasi Dari kita Untuk Kita dan Mari Berbagi Informasi Dari Kita Untuk kita

click to comment

1 comment

Unknown Admin

Terima Kasih Telah Berkunjung & Jangan Lupa Tinggalkan komentarnya. Mari Berbagi Informasi Dari Kita Untuk Kita

Jangan lupa tinggalkan komentarnya dan Mari Berbagi Informasi Dari Kita Untuk Kita

Previous
Next Post »

1 comment

Unknown Admin

Terima Kasih Telah Berkunjung & Jangan Lupa Tinggalkan komentarnya. Mari Berbagi Informasi Dari Kita Untuk Kita

Jangan lupa tinggalkan komentarnya dan Mari Berbagi Informasi Dari Kita Untuk Kita

    Dukung Info-DariKita Dengan Mematikan Adblock

    Hanya Dengan Mematikan Adblock Mendapatkan Banyak Manfaat

    Thank you!

    ×

    Δ